-->

Trik Menyejukkan Ruangan Tanpa AC

Trik Menyejukkan Ruangan Tanpa AC | Selamat datang di idekreasi.com. Akhir-akhir ini cuaca begitu ekstrim. Panasnya kalau siang benar-benar mantap. Terutama untuk anda yang rumahnya di pesisir. Langkah paling praktis dan tidak ribet untuk mengatasi panasnya udara di dalam rumah adalah memasang AC. Tetapi tahukah anda jika kita bisa membuat ruangan menjadi lebih sejuk tanpa harus menggunakan AC?  Nah, pada postingan kali ini kita akan membahas teknik menyejukkan ruangan dengan menerapkan prinsip – prinsip ramah lingkungan, membikin rumah anda terasa lebih sejuk dengan alami tanpa merogoh kocek terlalu dalam.

Trik Menyejukkan Ruangan Tanpa AC

Konsep dasar dari teknik menyejukkan ruangan adalah mngeluarkan udara panas dan memasukkan udara dinginke dalam ruangan. Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk menyejukkan ruangan, diantaranya adalah:

- Menjaga sinar matahari supaya tidak terlalu banyak yang masuk. Pada siang hari, buka sedikit saja tirai, jendela, dan apapun yang dapat digunakan untuk mencegah sinar matahari masuk, khususnya dari sisi barat dan timur di rumah Anda. Bila Anda mempunyai teras, Anda dapat memasang sebuah penahan sinar atau tirai supaya terik cahaya matahari tidak bisa masuk ke dalam rumah. 

- Matikan peralatan-peralatan listrik untuk mengurangi pemborosan dan mengeluarkan panas terus menerus dari perangkat bertenaga listrik yang sedang tidak digunakan. Bila Anda menghabiskan waktu lebih lama di rumah, coba gunakan peralatan yang menghasilkan panas ketika udara sedang tidak panas-panasnya. 
- Gunakan kipas angin. Udara bergerak memiliki suhu yang lebih rendah dibandingkan udara yang diam. Tempatkan kipas angin pada malam hari di jendela agar udara sejuk bisa masuk ke dalam ruangan. Kipas angin di atap rumah juga dapat Anda gunakan.
Anda juga bisa membuat pendingin ruangan yang lebih ramah lingkungan dengan kipas angin. Caranya tempatkan botol air dingin atau sewadah bongkahan es di depan kipas angin.


- Meminimalisir penyebab ruangan menjadi terasa gerah. Alat-alat rumah tangga bisanya dapat mengeluarkan panas berlebihan sehingga menyebabkan suhu ruangan menjadi meningkat tanpa disadari.
- Mencuci pakaian anda di malam hari. Bila kamar mandi atau ruang cuci memilki ventilasi, bukalah ventilasi terebut. Atau Anda dapat membeli alat pengurang kelembaban
- Pilih jendela berwarna putih atau cerah atau aksesorisnya agar cahaya matahari dapat terpantul keluar ruangan. Anda juga dapat menggunakan lapisan pemantul ke jendela agar sinar matahari yang masuk dapat berkurang. Biarkan ruangan di malam hari terhubung dengan udara luar bila memungkinkan tanpa harus mempertaruhkan faktor keamanan. Sebab menutup jendela sebagai jalan keluar udara bebas dapat membatasi sirkulasi udara dan juga menyimpan panas di dalam rumah hunian.
- Lingkungan hijau di sekitar rumah. Perbanyak pepohonan di sekitar rumah anda. Jangan menebang pohon yang sudah ada di sekitar rumah, kecuali jika sangat terpaksa. Tanamlah pepohonan yang kokoh atau tanaman menjalar yang menyejukkan dinding di luar rumah. Jangan menggunakan batuan yang dapat menyerap panas seperti semen yang terlalu dekat dengan rumah.
- Tambahkan unsur air di dalam rumah anda. Bisa dengan membuat kolam di ruangan rumah. Selain menambah keindahan juga dapat digunakan sebagai pendingin ruangan alami. Namun lebih baik jika Anda menanam rumput dan tumbuhan yang dapat menyerap panas.
 - Meletakkan Tanaman Penyejuk di Ruangan
Apa sajakah tanaman penyejuk ruangan itu? Ini beberapa contoh tanaman yang bisa diaplikasikan agar ruangan bertambah sejuk.

Tanaman Penyejuk Ruangan

1. Dracaena Massangeana, tanaman hias ini merupakan tanaman yang bisa mengurangi kadar panas dalam ruangan rumah Anda. Tanaman ini menyukai cahaya terang, tetapi akan mati jika terlalu berlebihan terkena cahaya.





Jadi apabila Anda ingin merawat tanaman ini, usahakan jangan meletakkan di ruangan yang terlalu banyak cahaya mataharinya. Begitu dengan pengairannya, jangan terlalu berlebihan.

2. Ficus (Ficus benjamina), Ficus Benjamina adalah sejenis tanaman hias yang dapat ditanam di dalam ruangan sehingga menjadikan ruangan Anda tampak hidup dan segar. Tanaman ini bisa membantu membersihkan udara di dalam ruangan




3. Spider plant. Merupakan jenis tanaman di dalam ruangan yang cukup familiar di masyarakat, karena perawatannya sangat mudah yaitu dapat tumbuh subur dalam semua kondisi. Tanaman ini ternyata bisa menyaring udara dalam ruangan rumah Anda dari zat – zat polutan, di antaranya formaldehida, karbon dioksida dan karbon monoksida.




 4. Bunga krisan. Tanaman krisan apabila berbunga sungguh indah sekali. Selain indah bunganya, tanaman ini sangat cocok sekali diletakkan di dalam ruangan. Menempatkan tanaman hias ini di ruangan Anda, maka dapat meningkatkan kualitas udara segar di rumah Anda, karena tanaman ini dapat menyaring zat polutan seperti asap tembakau.





Agar tanaman ini tumbuh dan berkembang dengan baik, Anda bisa meletakkan tanaman ini dengan cukup cahaya matahari tetapi jangan langsung terkena sinar matahari. Serta berikanlah pengairan yang cukup jika tanaman tumbuh di pot.


5. Ivy. Zat polutan yang bisa diserap oleh tanaman ini adalah benzena, formaldehida, TCE, toluena, oktan, terpene. Tanaman ivy menurut NASA adalah tanaman yang paling efektif untuk menghilangkan benzena. Jadi selain ruangan anda bertambah sejuk juga membuat udara dalam ruangan Anda bersih.




6. Red Ivy. Bentuk dan fungsinya hampir sama dengan jenis tanaman sebelumnya. selain untuk penyejuk ruangan, tanaman ini juga sangat efektif dalam menghilangkan polutan berbahaya dari udara yang biasanya dihasilkan dari barang-barang rumah tangga. Jika Anda menambahkan tanaman hias ini ke dalam ruangan rumah anda, kesehatan fisik Anda akan meningkat serta juga dapat menjadikan obat penenang Anda dari stress.

Demikianlah tips dan trik cara menyejukkan ruangan tanpa AC. Terima kasih sudah berkenan membaca postingan ini sampai akhir. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan anda tuliskan melaui kolom komentar di bawah postingan ini. Terima kasih, semoga ada manfaatnya. salam.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Trik Menyejukkan Ruangan Tanpa AC"

  1. tanaman di dalam ruangan sebaiknya dikeluarkan berapa hari sekali?

    ReplyDelete
  2. biasanya tiga hari sekali sudah cukup. rotasi dengan tanaman yang lain.

    ReplyDelete
  3. Terimakasih atas sharing ilmu dan pengetahuannya. Semoga selalu menjadi manfaat bagi semuanya. Salam sukses selalu. Amin
    http://tokokaranganbungapapan.klikspo.com/Terimakasih atas sharing ilmu dan pengetahuannya. Semoga selalu menjadi manfaat bagi semuanya. Salam sukses selalu. Amin
    http://tokokaranganbungapapan.klikspo.com/

    ReplyDelete